Entri Populer

Minggu, 08 Mei 2011

MSCT - 64 SLICES . MULTI SLICES COMPUTER TOMOGRAPHY - SCAN 64 SLICES






MSCT-Scan 64 Slices merupakan salah satu teknologi modern yang masih jarang penggunaannya. Teknologi modern dari peralatan Multi Slices Computer Tomography Scan 64 Slices (MSCT-Scan 64 Slices) memungkinkan pemeriksaan bagian dalam tubuh dalam bentuk potongan-potongan gambar, dimana seorang dokter dimungkinkan/dapat melakukan diagnose penyakit secara lebih akurat. Sehingga, kelainan-kelainan pada organ tubuh dapat dideteksi secara dini dan lebih nyaman sehingga penanganan pencegahan penyakit dapat dilakukan dengan lebih baik pula. Beberapa tindakan pemeriksaan memungkinkan pasien dan keluarganya melihat organ tubuh tertentu tanpa melakukan operasi. Berikut contoh gambar (hasil citera) dari alat tersebut.








Didalam melakukan pemeriksaan diagnostik MSCT - Scan 64 Slices. Prosedur yang dilakukan dalam proses alat MSCT ini yaitu : 
1.      Pasien dibaringkan di atas meja.
2.      Pasien diperiksa secara otomatis dimana alat tersebut akan membawa tubuh pasien melalui gantry (alat pemeriksa berbentuk lingkaran).
3.      Kemudian dideteksi dengan X-ray.
4.      Hasil dari pemeriksaan diterjemahkan oleh komputer dan hasilnya akan ditampilkan melalui layar komputer yang terhubung dengan peralatan tersebut.
Kemudian, hasil pemeriksaan diagnostik tersebut akan ditampilkan di komputer dalam bentuk potongan-potongan yang bisa diatur sesuai kebutuhan pemeriksaan yang diperlukan. Hal ini tentu akan amat membantu para ahli di dalam melakukan diagnosa dan mengukur temuan yang ada secara lebih akurat dari peralatan X-ray konvensional pada umumnya.
Apa saja kegunaan dari MSCT CT-Scan ??
Pada alat MSCT-Scan 64 Slices dengan akurasi tinggi dapat digunakan untuk beberapa pemeriksaan keadaan didalam tubuh yaitu,
1.      3D Angio Cardiac
Pemeriksaan pada pembuluh darah di dalam organ Jantung yang divisualisasikan secara 3 Dimensi untuk melihat kelainan secara dini pada organ tersebut, baik kaliber (diameter) maupun size (besarnya).
2.      3D Angio Non Cardiac
Pemeriksaan pada pembuluh darah di tubuh selain organ Jantung yang divisualisasikan secara 3 Dimensi untuk melihat kelainan secara dini pada organ tersebut, baik caliber (diameter) maupun size (besarnya).
3.      MSCT Colonography
Pemeriksaan organ usus besar dengan MSCT-Scan 64 Slices yang divisualisasikan secara virtual untuk melihal kelainan pada organ tersebut (tumor, insfeksi, dll).
4.      MSCT Bronchography
Pemeriksaan Organ Paru-Paru Khususnya saluran nafas bawah (Bronchus) dengan MSCT-Scan 64 Slices yang divisualisasikan secara Virtual untuk melihat kelainan secara dini pada organ tersebut. (Tumor, infeksi dll )
5.       Calcium Score untuk Jantung
Pemeriksaan pembuluh darah khususnya pembuluh darah organ Jantung dengan MSCT-Scan 64 Slices, untuk melihat tingkat deposit Calsium khususnya pada dinding pembuluh darah organ Jantung yang divisualisasikan dalam bentuk nilai-nilai angka dan grafik.


Referensi:
Website Rumah Sakit Pondok Indah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar